Senin, 20 Oktober 2025

TKA-PKdK-KIK_XII ALP2025



MATERI BELAJAR TKA PKdK-KIK
TOPIK 3: PEMASARAN PRODUK

 

1.  KONSEP DASAR PEMASARAN & BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX)

A. DEFINISI DAN KONSEP PEMASARAN

Pengertian: Proses perencanaan dan pelaksanaan konsep, penetapan harga, promosi, dan distribusi gagasan, barang, dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan individu dan organisasi.

Konsep Inti Pemasaram:

1.    Kebutuhan (needs) - Kebutuhan dasar manusia (contoh: rasa lapar)

2.    Keinginan (wants) - Kebutuhan yang dibentuk budaya dan individu (contoh: ingin makan di restoran mewah)

3.    Permintaan (demands) - Keinginan yang didukung daya beli (contoh: mampu membeli makanan di restoran mewah)

 

B. BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) 7P

1. PRODUCT (Produk)

·       Definisi: Barang/jasa yang ditawarkan kepada konsumen

·       Contoh Sehari-hari:

  •     Smartphone dengan fitur kamera canggih
  • o   Kopi kekinian dengan rasa unik
  • o   Jasa streaming film

Lebih lanjut silahkan Klik Link dibawah ini :

1. Materi : Topik 3 Pemasaran Produk

2. Latihan Soal : Latihan Soal Topik 3 PKdK 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar