Pengertian VLOOKUP
VLOOKUP (Vertical Lookup) adalah fungsi di Microsoft Excel yang digunakan untuk mencari data dalam sebuah tabel secara vertikal (dari atas ke bawah). Fungsi ini sangat berguna untuk mengambil nilai dari suatu kolom tertentu berdasarkan kriteria yang diberikan di kolom pertama tabel.
Rumus baku - Sintaks VLOOKUP
=VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num,
[range_lookup])
Keterangan :
- lookup_value: Nilai yang ingin dicari. Biasanya merupakan
referensi sel atau nilai tertentu.
- table_array: Rentang tabel tempat Anda mencari data. Kolom pertama dari
rentang ini harus berisi data yang cocok dengan lookup_value.
- col_index_num: Nomor kolom dalam tabel yang datanya ingin diambil (dimulai
dari 1 untuk kolom pertama).
- range_lookup: Bersifat opsional. Gunakan TRUE (atau kosong) untuk pencocokan
mendekati, dan FALSE untuk pencocokan tepat.
Contoh Soal dan Video tutorialnya bisa klik link dibawah ini :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar