Senin, 13 Mei 2024

Informatika_Sejarah hingga Peran di Era Digital

Modul  

https://images.app.goo.gl/XhZ5a5cFK2Uu7McRA

Menjelajahi Dunia Informatika

Dari Sejarah hingga Peran di Era Digital


Tujuan Modul:

  • Memberikan pemahaman mendasar tentang sejarah perkembangan komputer dan aspek teknisnya.
  • Memahami pentingnya hukum, ekonomi, lingkungan, dan sosial dalam dunia informatika.
  • Mengenal produk TIK yang populer dan manfaatnya bagi masyarakat.
  • Mempelajari tentang hak kekayaan intelektual dan pentingnya melindungi karya digital.
  • Mengidentifikasi bidang studi terkait informatika dan peluang karir di bidang ini.
  • Memahami peran penting informatika dalam berbagai bidang kehidupan di era digital.

Pokok Bahasan:

1. Sejarah Perkembangan Komputer

  • Generasi komputer: dari ENIAC hingga superkomputer modern
  • Tokoh-tokoh penting dalam sejarah komputer
  • Dampak perkembangan komputer bagi peradaban manusia

2. Aspek Teknis Komputer

  • Arsitektur komputer: komponen utama dan fungsinya
  • Perbedaan antara memori utama (RAM) dan memori sekunder (hard disk)
  • Fungsi unit kontrol (CU) dalam prosesor komputer

3. Hukum, Ekonomi, dan Lingkungan

  • Hak cipta dan hak kekayaan intelektual di era digital
  • Dampak teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terhadap ekonomi global
  • Tantangan dan peluang TIK dalam menjaga kelestarian lingkungan

4. Sosial dan Produk TIK

  • Media sosial: platform, manfaat, dan tantangannya
  • Produk TIK yang populer: smartphone, internet, aplikasi, dan lainnya
  • Dampak sosial TIK dalam kehidupan masyarakat

5. Hak Kekayaan Intelektual

  • Pentingnya melindungi karya digital dan hak cipta
  • Lisensi Creative Commons (CC) dan jenis-jenisnya
  • Strategi melindungi karya digital dari pelanggaran hak cipta

6. Bidang Studi Terkait Informatika

  • Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
  • Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
  • Jaringan Komputer dan Keamanan Siber
  • Otomatisasi Tata Kelola (OTKP)
  • Bisnis dan Teknologi Informasi (BDT)

7. Peran Informatika di Bidang Lain

  • Kesehatan: rekam medis elektronik, telemedicine, dan kecerdasan buatan
  • Pendidikan: e-learning, platform edukasi online, dan simulasi
  • Pertanian: sistem irigasi otomatis, analisis data panen, dan drone
  • Bisnis dan Pariwisata: platform e-commerce, pemasaran online, dan pemesanan hotel
  • Big data dan kecerdasan buatan: analisis data, prediksi, dan pengambilan keputusan
Materi lebih Lengkapnya bisa klik link dibawah ini :
Informatika : Sejarah Komputer sampai Era Digital

Tidak ada komentar:

Posting Komentar